GARIS - GARIS PROGRAM KERJA KHUSUS

 

1.   Ketua Umum

a)  Memimpin   UKM   Dakwah   Kampus   Ulil   Albab   UMJ   sesuai   dengan ketentuan yang berlaku di internal organisasi.

b)  Bertanggung  jawab  terhadap  jalannya  organisasi  dan  mewakili  UKM Dakwah Kampus Ulil Albab UMJ serta bertindak ke luar atau ke dalam

untuk dan atas nama UKM Dakwah Kampus Ulil Albab UMJ sesuai dengan garis kebijakan organisasi.

c)  Mengkoordinasikan pembagian tugas dan melakukan fungsi monitoring kepada seluruh ketua bidang.

d) Dalam keadaan berhalangan dapat mengamanahkan tugas Ketua Umum kepada Sekretaris Umum.

e)  Mempertanggung jawabkan semua kebijakan dan agenda kegiatan UKM Dakwah Kampus Ulil Albab UMJ pada Musyawarah Tahunan Anggota (MTA).

 

2.   Sekretaris Umum

a.)   Berkewajiban menggantikan ketua umum apabila ketua umum berhalangan.

b.)  Bersama ketua umum mengkoordinasikan pelaksanaan tugas-tugas dan kegiatan setiap bidang.

c.)   Melakukan fungsi administrasi dan kesekretariatan secara profesional, efektif, dan efisien bagi kesinambungan mekanisme organisasi.

d.)   Mengupayakan sistem pendukung kesekretariatan berbasis teknologi informasi.

e.)  Berusaha mewujudkan sekretariat sebagai center of information bagi seluruh pengurus dan anggota.

f.)   Bersama ketua umum membangun hubungan dan komunikasi dengan institusi atau pihak lain sesuai dengan sikap dan kebijakan internal UKM Dakwah Kampus Ulil Albab UMJ

g.)   Betanggungjawab penuh terhadap kerahasiaan data organisasi.

h.)   Mengadakan, mencatat dan mengarsip surat-menyurat, serta arsip-arsip penting.

i.)    Mengelola    sekretariat,    baik    dari    segi    pengadaan,    perencanaan,

pemakaian dan pemeliharaan.

j.)    Mendokumentasikan  aset-aset  vital  oraganisasi  dakwah  kampus  Ulil

Albab.

k.)   Mengadakan perlengkapan kesekretariatan.

 l.)   Bertanggung jawab kepada ketua umum.

 

3.   Bendahara Umum

a)  Menyusun rencana anggaran pendapatan dan pembelanjaan UKM DK Ulil

Albab.

b) Berkoordinasi dengan bidang terkait manajerial pendanaan organisasi.

c)  Membuat   laporan   keuangan   setiap   1   bulan   sekali   atau   1   bulan kepengurusan.

d) Optimalisasi  penggalangan  dana  organisasi  dari  iuran  anggota,  zakat, infaq dan shadaqoh dari anggota maupun pihak lain.

e)  Bertanggung Jawab kepada ketua umum

 

4.   Bidang Kaderisasi

a.)   Membuat   perencanaan   program   kerja   selama   satu   periode   dalam bidangnya.

b.)   Melakukan perekrutan kader.

c.)    Mengkoordinasikan  pembagian  tugas  kepada  staf  dan  mengawasi  staf dalam menjalankan tugas-tugasnya.

d.)   Menciptakan kader siap pakai untuk menjadi murobbi/mentor.

e.)    Membuat    pola    pembinaan    kader    sekaligus    melakukan    evaluasi pelaksanaannya.

f.)    Melakukan   pembinaan   kader   secara   kontinyu   guna   meningkatkan

kapasitas ruhiyah, fikriyah dan jasadiyah kader.

g.)   Bertanggung jawab kepada ketua umum

 

5.   Bidang Syiar Islam

a.)   Membuat   perencanaan   program   kerja   selama   satu   periode   dalam bidangnya.

b.)   Membumikan nilai-nilai Islam di tengah masyarakat kampus guna tercapai kehidupan masyarakat kampus yang islami.

c.)     Mengkoordinasikan  pembagian  tugas  staf  dan  mengawasi  staf  dalam

menjalankan tugas-tugasnya.

d.)   Merancang  sarana  syiar  dakwah  kampus  guna  mensosialisasikan  nilai- nilai Islam di kampus.

e.)    Menyebarkan  opini  dan  fikroh  islam  melalui  berbagai  publikasi  dan

kegiatan sosial dakwah lainnya.

f.)   Dalam melaksanakan kegiatannya bidang syiar islam dapat bekerja sama denga bidang lain.

g.)    Mengupayakan  kerjasama  dan  kemitraan  dengan  lembaga  lain  secara

proaktif dalam hal mensyiarkan nilai Islam.

h.)    Bertanggung jawab kepada ketua umum

 

 

 

6.   Bidang Ekonomi

a.)   Membuat   perencanaan   program   kerja   selama   satu   periode   dalam bidangnya.

b.)   Merancang dan menerapkan konsep entrepreneurship demi terwujudnya ekonomi ummat.

c.)   Mengkoordinasikan  pembagian  tugas  staf  dan  mengawasi  staf  dalam menjalankan tugas-tugasnya.

d.)   Merancang dan melakukan inventarisasi database donatur dan proaktif melakukan  penggalangan  dana  bagi  keperluan  organisasi  dengan  cara

halal dan toyyibah.

e.)   Merancang dan melakukan pengembangan potensi usaha/ekonomi kader- kader UKM DK Ulil Albab UMJ.

f.)     Meningkatkan  kemampuan enterpreneurship kader  UKM  DK  Ulil Albab

UMJ.

g.)   Bekerjasama  dengan  lembaga  sejenis  guna  meningkatkan  peran  dan eksistensi ekonomi kader UKM DK Ulil Albab UMJ di dunia usaha.

h.)    Merancang dan menyiapkan Badan Usaha Milik Oganisasi (BUMO).

i.)     Membuat  Usaha-usaha  organisasi  guna  menopang  dana  UKM  DK  Ulil

Albab UMJ.

j.)    Melakukan   kerjasama   usaha   dengan   orang/   lembaga   usaha   guna meningkatkan usaha organisasi.

k.)    Bertanggung jawab kepada ketua umum.

 

 

 

 

7.   Bidang Hubungan Masyarakat

a.)   Membuat   perencanaan   program   kerja   selama   satu   periode   dalam bidangnya.

b.)   Membuat   media   center   Ulil   Albab   sebagai   wahana   informasi   bagi

mahasiswa.

c.)   Mengkoordinasikan  pembagian  tugas  kepada  staf  dan  mengawasi  staf dalam menjalankan tugas-tugasnya.

d.)   Membangun citra positif Ulil Albab di tingkat eksternal.

e.)   Membangun  hubungan  baik  dengan  seluruh  komponen  organisasi  baik

Internal maupun Eksternal guna memperkuat basis dakwah kampus.

f.)   Membangun  hubungan  dan  komunikasi  postif  dengan  seluruh  tokoh/

ketua organisasi di kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta.

g.)   Bertanggung jawab kepada ketua umum.

 

8.   Bidang Keputrian

a.)   Membuat   perencanaan   program   kerja   selama   satu   periode   dalam bidangnya.

b.)    Menguatkan peran dan fungsi mahasiswa muslimah.

c.)   Mengkoordinasikan  pembagian  tugas  kepada  staf  dan  mengawasi  staf dalam menjalankan tugas-tugasnya.

d.)   Melakukan  penguatan  peran  dan  fungsi  mahasiswa  muslimah  baik  di

kampus maupun di luar kampus.

e.)   Melakukan pemberdayaan potensi-potensi mahasiswa muslimah. f.     Meningkatkan kemampuan kepemimpinan muslimah.

g.)   Mengkaji dan menyikapi tantangan dan problematika perempuan dengan

perspektif Islam.

h.)   Menjalin hubungan dengan organisasi yang sevisi dengan kemuslimahan.

i.)    Bertanggung jawab kepada ketua umum.

 

9.   Bidang PSDM

a.)   Membuat   perencanaan   program   kerja   selama   satu   periode   dalam bidangnya.

b.)   Melakukan penguatan kader.

c.)    Mengkoordinasikan  pembagian  tugas  kepada  staf  dan  mengawasi  staf dalam menjalankan tugas-tugasnya.

d.)   Menciptakan kader siap pakai untuk menjadi tokoh pergerakan.

e.)   Membuat  pola  pembinaan  dan  pelatihan  kader  sekaligus  melakukan evaluasi pelaksanaannya.

f.)   Melakukan   pembinaan   dan   pelatihan   kader   secara   kontinyu   guna meningkatkan kapasitas ruhiyah, fikriyah dan jasadiyah kader.

g.)  Bertanggung jawab kepada ketua umum